Jumat Bersih, Mewujudkan Sekolah Adiwiyata

Jember, program adiwiyata di sekolah yang bertujuan untuk menciptakan kondisi lingkungan yang asri dan nyaman saat ini mulai digalakkan, salah satu kegiatan yang mendukung program ini yaitu pelestarian fungsi lingkungan hidup sekolah.

Jumat, (2/8) SMKN 8 Jember melaksanakan kegiatan Jumat bersih sebagai perwujudan dari keaktifan program adiwiyata sekolah untuk menyambut bulan kemerdekaan Republik Indonesia, yang diikuti oleh seluruh warga SMKN 8 Jember.

Diawali dengan apel pagi, seluruh warga SMKN 8 Jember berkumpul di lapangan utama. Apel ini dipimpin oleh Ibu Haryati, S.Pd selaku ketua adiwiyata SMKN 8 Jember, yang sekaligus mensosialisasikan mengenai program adiwiyata sekolah kepada seluruh siswa. Ibu haryati mengungkapkan bahwa program ini merupakan tanggung jawab bersama seluruh warga SMKN 8 Jember. “Lingkungan yang bersih akan membuat kegiatan pembelajaran menjadi nyaman” lanjutnya.

 

Selanjutnya setiap kelas diberi tanggung jawab membersihkan bagian/ area yang sudah disepakati bersama sebelumnya. Setelah apel, seluruh siswa bersama walikelas masing-masing langsung menuju area yang ditetapkan, mulai dari ruang kelas, laboratorium, bengkel, lahan pertanian, area greenhouse, masjid, aula dan halaman depan sekolah, semua tak luput untuk dibersihkan.

Kegiatan ini sangat bermanfaat, selain mendapat kebersihan, kekompakan antar guru dan siswa pun semakin terjaga. Semoga kegiatan bersih-bersih bersama ini menjadi program yang diagendakan kembali di waktu yang akan datang. (Dny/Lee)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *