Karnaval Bujang Ganong

JEMBER, (suarajatimpost.com) – Dalam rangka mengyambut HUT RI ke 72, sejumlah pelajar di Kecamatan Semboro mengikuti acara pagelaran seni tari khas daerah ‘Bujang Ganong, yang diselengarakan di SMKN 8 Kecamatan Semboro Jember. Rabu (29/08) siang.

Tarian yang identik dengan reog dari Kabupaten Ponorogo tersebut, dipopulerkan di wilayah Jember selatan dan barat. Hingga saat ini, warisan budaya tersebut masih ada.

“Kami senang mengikuti pertunjukan ini, karena nenek moyang kami memang dari Ponorogo, setidaknya kami bangga bisa mewarisi budaya ini,” ujar Firda (43) salah seorang peserta.

Sementara Suprihantono (45) saalah seorang pelopor kebudayaan Bujang Ganong menyebut, akan terus mengabdikan kesenian tersebut  untuk tetap lestari.

“Kesenian Bujang Ganong ini, sudah ada sejak nenek moyang.  Ada yang menyebut kucing-kucingan. di Jember ini kita beri nama Bujang Ganong, memang nenek moyang kami banyak yang berasal dari Ponorogo, sehingga tidak heran para anak-anak kami , akan turus kita didik untuk tidak malu membawakan sampai turun temurun,” imbuhnya.

Pria yang akrab disebut Cak Be,I tersebut berkomitmen, akan terus berusaha mengenalkan seni tersebut ke bumi nusantara melalui pelajar. Acara berjalan semarak, diiringi musik tradisional gamelan dengan riuh sorak penonton.

Tidak hanya itu, peserta juga menyaiapkan hadiah menarik bagi peserta yang paling bagus menampilkan atraksi. Sehingga tidak heran, acara tersebut menyedot ratusan penonton yang hadir ingin menyaksikan langsung.

Reporter : Ema Wasta
Editor : Fani Wulandari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *