Masuk 20 Finalis Terbaik, SMK DJ Menjadi Peserta Jambore Petani Muda 2




Jember, untuk ke sekian kalinya, SMKN 8 Jember kembali menoreh prestasi. Kali ini berasal dari siswa kelas XII APK yaitu Ahmad Burhanudin dan Alfian Fahim. Mereka ikut berpartisipasi dalam lomba makalah berskala nasional yang di usung oleh PT. Petrokimia Gresik dalam acara Jambore Petani Muda 2. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 18 – 20 Juli 2018. Sebanyak 69 SMK Pertanian diundang untuk berpartisipasi dalam perhelatan tahunan ini. Persiapan jambore dimulai sejak bulan Mei 2018 dengan kunjungan dan kelas inspirasi ke SMK di 14 provinsi dan 43 kabupaten di Indonesia, dari Sumatera hingga Papua. Pada kelas inspirasi, dihadirkan petani muda sukses dari daerah masing-masing. Para petani muda itu melakukan presentasi di depan siswa SMK, dengan harapan agar mereka terinspirasi dan tidak memandang sebelah mata pada profesi petani. Dengan demikian, para siswa SMK Pertanian itu akan mengikuti jejak mereka, menjadikan petani sebagai profesi yang menjanjikan.
20 finalis terbaik terpilih dan berkumpul dalam jambore petani muda di Wisma Kebomas PT. Petrokimia Gresik untuk mempresentasikan hasil inovasinya. Rasa syukur tak terkira terlukis dengan kebanggaan, bahwa peserta dari SMKN 8 Jember terpilih dalam 20 besar finalis terbaik SMK Pertanian se-Indonesia. Makalah yang berjudul “Pemanafaatan akar rumput gajah dan akar putrid malu sebagai PGPR (Plan Growth Promoting Rizobacteria) yang ramah lingkungan” mampu membawa mereka untuk bergabung dalam Jambore Petani Muda 2. Hal ini tentu membuat SMKN 8 Jember sebagai sekolah agroindustri semakin dikenal oleh masyarakat luas.


Bapak Galuh Budi Untoro, S.P selaku guru produktif APK sekaligus pendamping kedua siswa tersebut berharap dengan mengikuti lomba yang berskala nasional ini bisa menjadi inspirasi dan motivasi bagi petani-petani muda khususnya pelajar di SMKN 8 Jember. “Pertanian bukanlah selalu tentang kegiatan di sawah, namun dibalik itu banyak ilmu dan kegiatan yang lebih asyik yang bisa didapatkan dan dihasilkan dari bidang pertanian” ucapnya.
Tentunya hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi seluruh warga SMKN 8 Jember. Semoga SMKN8 Jember terus menuai prestasi hingga benar-benar menjadi sekolah yang dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia. (Lth/Jgo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *