Peduli Korban Bencana Palu-Donggala, Warga SMKN 8 Jember Adakan Kegiatan Sosial


Jember, Musibah gempa dan Tsunami yang telah terjadi di Palu-Donggala tentu menjadi duka yang mendalam bagi seluruh warga Indonesia, tak terkecuali bagi siswa-siswi SMKN 8 Jember, seluruh elemen warga SMKN 8 Jember bahu membahu menggalakkan kegiatan bakti sosial dengan melakukan penggalangan dana yang dikoordinir oleh Bapak Drs. H. Hari Subagyo, M.Pd selaku Waka kesiswaan. Beliau mengungkapkan bahwa selain untuk meringankan beban para korban bencana, kegiatan ini juga untuk mengimplementasikan pendidikan berkarakter yaitu peduli kehidupan sosial terhadap orang yang membutuhkan.
Penggalangan dana ini berlangsung selama lima hari secara bergantian mulai tanggal 1-5 Oktober 2018. Sejumlah anggota OSIS menggalang dana di sekolah kemudian dilanjutkan dengan berkeliling di beberapa rumah warga sekitar SMKN 8 Jember. Beberapa siswa yang tergabung dalam ekstrakuler pramuka, paskib, seni hadrah, PMR turut berpartisipasi melakukan penggalangan dana yang tersebar di beberapa tempat seperti simpang empat dan SPBU yang berada di sekitar Semboro-Tanggul. Hasil dari penggalangan dana ini mencapai Rp.30.695.600,-.
Ibu Dra. Priwahyu Hartanti, M.Pd selaku kepala SMKN 8 Jember merasa bangga atas kekompakan, kepedulian, bantuan dan dukungan yang ditunjukkan oleh seluruh warga SMKN 8 Jember yang turut berpartisipasi dalam kegiatan penggalangan dana ini. Menurutnya kegiatan ini sangat positif untuk memupuk rasa empati, cinta kasih dan wujud kepedulian terhadap korban bencana meskipun tidak ada yang mengenal mereka. “Saya berharap bantuan dari kami meski nilainya tak seberapa bisa bermanfaat untuk para korban” ungkapnya.


Dana yang terkumpul hari ini, Senin (8/10) diserahkan secara simbolis dari siswa siswi kepada Waka Kesiswaan, untuk kemudian dari waka kesiswaan kepada Kepala Sekolah. Selanjutnya dana ini akan dikirim melalui Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur wilayah Kabupaten Jember yang menjadi koordinator dalam kegiatan penggalan dana. Kita harap, semoga tidak ada lagi bencana besar yang kembali menimpa Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *