Peduli Veteran Hari Pahlawan 10 November di SMKN 8 Jember

Jember, Hari pahlawan yang diperingati pada tanggal 10 November untuk mengenang jasa para pahlawan  biasanya digelar upacara, baik di lingkungan sekolah, Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun instansi formal lainnya. Namun ada yang berbeda dari upacara yang digelar oleh SMKN 8 Jember, untuk mengenang jasa para pahlawan dalam upacara pada hari Senin (12/11) ini, SMKN 8 Jember mengundang anggota veteran markas ranting Semboro sejumlah 25 orang. Para guru dan karyawan SMKN 8 Jember pun ikut serta berpakaian sederhana layaknya kehidupan di zaman perjuangan, seperti baju sorjan, baju krem khas tentara pembela tanah air, dan baju kebaya bagi ibu-ibu.

Dalam upacara ini bertindak sebagai inspektur upacara yaitu Bapak Drs. Yustiono, M.Si. dalam sambutannya, beliau mengutip sejarah perjuangan Arek-Arek Surabaya Merobek Bendera Belanda diatas Hotel Oranje, yang sekarang bernama Hotel Majapahit. “marilah kita lanjutkan semangat juang para pahlawan terdahulu ini dalam membangun Indonesia, sehingga kita bisa benar-benar merdeka seutuhnya” ungkapnya.

Setelah upacara selesai, para veteran berramah tamah bersama para guru dan karyawan SMKN 8 Jember yang dilanjut dengan pemberian cenderamata kepada para veteran. Ibu Dra. Priwahyu Hartanti, M.Pd selaku kepala sekolah mengungkapkan bahwa tradisi ini perlu dilestarikan sebagai bentuk penghargaan terhadap jasa-jasa para pahlawan. “kepada para veteran kami memberikan tali asih yang memang tidaklah sebanding dengan perjuangan mereka di masa lalu, namun kami harap hadiah kecil ini bisa bermanfaat dan menjadi ikatan batin antara SMKN 8 Jember dan para veteran” lanjutnya.

Para veteran kemudian diperkenankan untuk mengunjungi beberapa stand bazar yang sudah dipersiapkan oleh siswa-siwi SMKN 8 Jember. Stand bazar ini sengaja dibuat untuk meningkatkan semangat siswa-siwi SMKN 8 Jember dalam berwirausaha. Makanan yang dijual pun beraneka ragam dengan harga jual rata-rata 2000 rupiah. Agar lebih efektif, jual beli di bazar ini menggunakan voucher yang sudah disiapkan oleh OSIS SMKN 8 Jember sehingga para peserta bazar bisa menyiapkan jumlah barang sesuai permintaan konsumen dan tidak perlu lagi menyiapkan uang kembali.

Acara pun berlanjut dengan lomba fashion show dengan tema pejuang. Setiap perwakilan kelas menampilkan pasangan perwakilannya dengan pakaian adat Indonesia yang diiringi lagu dan narasi tentang kisah pejuang yang kemudian diikuti dengan lenggak-lenggok para model. Tak kalah menarik, parade sepeda ontel pun ikut memeriahkan. Sebagian siswa sangat antusias mengikuti acara ini, terbukti dengan banyaknya siswa yang membawa sepeda ontel ke sekolah. Tak malu, mereka malah bangga saat mengilingi lapangan upacara dengan sepeda ontel masing-masing.

Bapak Drs. H. Hari subagyo, M.MPd selaku ketua panitia menyampaikan bahwa upacara ini ditujukan untuk mengenang jasa para pahlawan, sedangkan fashion show ditujukan agar para siswa memiliki jiwa cinta Tanah Air khususnya pakaian adat/ tradisional Indonesia. “saya harap dengan diadakannya acara ini membuat para siswa semangat memperingati hari pahlawan dan ikut merasakan bagaimana suasana kehidupan pada zaman perjuangan dulu” lanjutnya.

Meriah sekali peringatan hari pahlawan kali ini. Semoga dengan adanya acara ini, semakin menambah semangat siswa khususnya anggota OSIS SMKN 8 Jember untuk meningkatkan kualitas Pendidikan di SMKN 8 Jember. (Dny/Jg0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *