Program Literasi Kembali di aktifkan di SMKN 8 Jember

Membaca adalah jendela dunia, begitu pepatah sering diungkapkan. Siapa yang rajin membaca tentu wawasan dan pengetahuannya semakin luas. SMKN 8 Jember memiliki cara khusus agar para siswa-siswinya membiasakan diri untuk rajin membaca dengan diadakannya program literasi. Kegiatan ini sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 2017, namun sempat terhenti dan akhirnya minggu kedua di bulan Agustus 2018 ini kembali diaktifkan.
Program literasi ini diterapkan dengan cara setiap perwakilan kelas meminjam buku di perpustakaan, kemudian dibaca dan dirangkum. Selanjutnya siswa tersebut menyampaikan di depan kelas masing-masing selama 10-15 menit yang dimulai sebelum jam pertama berlangsung. Para siswa sangat antusias menjalankan program ini. Banyak siswa pergi ke perpustakaan untuk meminjam buku kesukaan mereka.
Bapak Abdul Manan, S.Si selaku pembina perpustakaan mengungkapkan bahwa program literasi ini bertujuan untuk pembiasaan budaya membaca bagi seluruh warga SMK Negeri 8 Jember. “Saya harap perpustakaan menjadi lebih sering dikunjungi dan warga SMK sadar akan pentingnya budaya membaca” ujarnya.
Program literasi ini merupakan kegiatan yang positif, karena setiap siswa yang menyampaikan hasil membacanya didepan kelas juga bisa belajar berbicara dengan baik dan membangun kemampuan mental. (Dny/Jkr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *