Rapat Koordinasi Persiapan UKK 2019

Jember, keberhasilan suatu lembaga pendidikan bisa juga diukur dengan kemampuan peserta didiknya dalam memahami dan mengaplikasikan hasil belajar yang telah diberikan selama kegiatan pembelajaran. Untuk mengetahui hasil belajar tersebut maka dilaksanakan evaluasi yaitu berupa ujian. UKK (Uji Kompetensi Kejuruan) merupakan ujian untuk mengukur dan evaluasi kemampuan siswa berdasarkan kompetensi juruan masing-masing. Tahun 2019 pemerintah mewajibkan seluruh SMK untuk melaksanakan UKK yang nanti nilainya akan digabung dengan hasil USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional).

Tahun ini SMKN 8 Jember akan melaksanan UKK untuk tujuh kompetensi keahlian yang terdiri dari TKJ, RPL, MM, TKR, TSM, APK dan APH. Pelaksaannya diperkirakan akan berlangsung pada tanggal 1-10 April 2019.  Sabtu( 26/1) SMKN 8 Jember melaksanakan rapat koordinasi persiapan UKK yang dihadiri oleh Kepala SMKN 8 Jember, komite sekolah, tim pokja kurikulum, kepala kompetensi keahlian, tim penguji internal dan tim penguji eksternal yang berasal dari beberapa dunia industri.

Bapak Edi Setyono selaku kepala SMKN 8 Jember dalam sambutannya mengungkapkan bahwa  tujuan dari rapat koordinasi ini adalah untuk mendapatkan kesamaan persepsi materi uji kompetensi antara kebutuhan dunia industri dengan kurikulum yang ada di SMKN 8 Jember dengan harapan kompetensi anak dapat diterima di dunia industry. “Kami berharap semoga UKK yang akan dilaksanakan ini berjalan dengan lancar dan siswa-siswi SMKN 8 Jember mendapatkan nilai baik dan memuaskan” lanjutnya.

Koordinasi dilanjutkan dengan tim penguji masing-masing kompetensi keahlian. Usai koordinasi, Masing-masing ketua kompetensi keahlian menyampaikan hasilnya mengenai jumlah peserta uji dan lama waktu ujian. Kita semua berharap semoga UKK ini nantinya berjalan dengan lancar. (dny/Jg0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *