SAMBUT HARI PAHLAWAN, PELAJAR DAN VETERAN DI JEMBER BELAJAR HIDROPONIK

JEMBER, PENA NUSANTARA – Menyambut Hari Pahlawan 2017, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 8 Jember di Kecamatan Semboro, menyelenggarakan pelatihan ketrampilan bertanam dengan cara hidroponik untuk para pelajar dan anggota veteran serta Persatuan Purnawirawan Angkatan Darat (PPAD) Ranting Semboro, Kamis (9/11/2017).

Acara yang diselenggarakan di halaman sekolah ini diikuti oleh 1.300 pelajar SMKN 8 Jember, 50 anggota veteran dan purnawirawan TNI dan Polri Ranting Semboro. Uniknya, para  veteran dan purnawirawan tersebut memakai atribut veteran lengkap beserta pangkatnya.

Hadir dalam acara tersebut Dandim 0824 Jember, Letkol INF Rudianto dan semua Jajaran Muspika Kecamatan Semboro seperti Camat Semboro, Daryanto, Kapolsek Semboro, AKP Subagyo, Danpos Semboro Peltu Imam Rudiono, dan Kepala UPT Dinas Pendidikan Semboro, Misman.

Kepala Sekolah SMKN 8 Jember yang sekaligus Ketua Penyelenggara Acara, Suprihartono mengatakan, pihaknya berjanji akan terus mengawal kegiatan tersebut, pasalnya cara menanam sistem hindroponik selain dapat mengisi kejenuhan keseharian juga dapat menjaga kesehatan para veteran karena hasilnya bisa dikonsumsi sendiri. Sementara untuk para pelajar ketrampilan tersebut dapat menjadi bekal kepada siswa dan siswi setelah lulus nantinya.

“Bercocok tanam dengan cara hidroponik adalah suatu keterampilan bercocok tanam ringan, hemat tempat namun hasilnya cukup memuaskan, serta sehat dan bisa ditanam di halaman rumah, samping rumah. Artinya, tidak harus mempunyai sawah,” ungkapnya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0824 Jember, Letkol Inf Rudianto mengatakan, pelatihan keterampilan bercocok tanam cara hidroponik sangat besar manfaatnya. Sebab, selain dapat dikonsumsi sendiri juga bisa menjadi tambahan penghasilan, sehingga ketrampilan bercocok tanam dengan sistem ini dapat menjadi bekal ketika sudah lulus dan hidup di tengah-tengah masyarakat.

“Kalau seluruh siswa-siswi [1.300 siswa siswi] semua mengembangkan tanaman hidroponik, wah semboro akan terasa manis dan nikmat,” ujarnya.

Selain itu, perwira menengah TNI ini juga mengatakan, pelatihan hidroponik tersebut dapat menjadi energi positif bagi para pelajar di SMKN 8 Jember dalam mengisi kemerdekaan.

“Mereka dapat terus mengisi kemerdekaan dengan kreatifitas, berkarya dan yang pasti berpenghasilan, sehingga diharapkan akan terjauh dari perbuatan yang melawan hukum, seperti penyalahgunaan narkoba dan sebagainya,” pungkas dia. (Yud)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *