Seni Intalasi, Warnai Peringatan HUT RI Ke-72 di SMKN 08 Jember

JEMBER, (suarajatimpost.com)¬†– Dalam rangka memperingati HUT RI ke-72 sebanyak 1340 siswa siswi SMK Negeri 8 Jember dilibatkan, yaitu dengan membuat seni instalasi bertemakan “perjuangan mengusir penjajah”.

Selain memperingati HUT RI, kegiatan ini juga untuk mengimpelentasikan mata pelajaran seni budaya di sekolah tersebut.

Kepala Sekolah SMK Negeri 8 Jember yang lebih terkenal dengan sebutan SMK DJ, Suprihartono mengungkapkan selain mengeluarkan kreatifitas seni instalasi  juga bertujuan untuk meningkatkan kekompakkan antar siswa, ia juga berharap hasil dari kegiatan ini seterusnya semakin menumbuhkan jiwa nasionalisme dan rasa cinta tanah air terhadap Negara kesatuan Republik Indonesia.

“Mereka bebas bereksplorasi dengan berbagai macam miniatur patung pahlawan dan berbagai senjata pejuang, mereka juga bebas bereksperimen dengan timnya yaitu teman sekelas dan untuk memberi semangat kami akan nilai mana miniatur yang terbaik dari 39 titik yang ditampilkan,” jelasnya.

Seni instalasi sengaja dipajang di halaman depan sekolah, menurutnya selain menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air kepada seluruh siswa dan guru. Seni instalasi ini juga sebagai bentuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur mempertahankan bumi pertiwi, harapan lain untuk memberikan edukasi kepada masyarakat luas yang kebetulan melintasi SMK DJ karena sebulan penuh selama bulan Agustus seni intalasi ini dipajang.

“72 tahun kita merdeka, mari kita merefleksi rasa cinta kita kepada tanah air dan para pahlawan. Semoga dengan seni intalasi ini kita dapat menghayati perjuangan para pahlawan,” harapnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, bahan-bahan yang dipakai untuk membentuk miniatur ini terbuat dari kertas daur ulang, daun padi, daun jeruk serta bahan yang mudah didapat dari sekitar lingkungan sekolah.

“Ini murni kreatifitas siswa, dengan memanfaatkan bahan yang mudah didapat,” tutupnya.

Reporter : Ema Wasta
Editor : Fani Wulandari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *